WELCOME


thank you for your visit

SORRY IF LESS GOOD THIS BLOG
please give suggestions and criticisms on the column that has been provided

REFERENCES (WIKIPEDIA/GNFI/GFP )

Europe Jet Fighter

ShareDassault Rafale

Dassault Rafale (atau "Squall" dalam Bahasa Inggris adalah pesawat tempur mesin ganda serbaguna bersayap delta dari Perancis yang dibuat oleh Dassault Aviation. Rafale diproduksi sebagai pesawat berpangkalan di darat dan di kapal induk milik Perancis. Pesawat ini juga dijual untuk kebutuhan ekspor. Meskipun beberapa negara menyatakan ketertarikannya untuk memiliki rafale, namun belum ada harga yang ditetapkan untuk pasar luar negeri.

Operator
 Perancis

Spesifikasi

Data dari Dassault Rafale characteristics, Superfighters, French Navy page
Karakteristik umum
Kru: 1–2
Panjang: 15.27 m (50.1 ft)
Lebar sayap: 10.80 m (35.4 ft)
Tinggi: 5.34 m (17.5 ft)
Area sayap: 45.7 m² (492 ft²)
Berat kosong: 9,500 kg (C), 9,770 kg (B),[5] 10,196 kg (M) ()
Berat maksimum lepas landas: 24,500 kg (C/D), 22,200 kg (M)[6] (54,000 lb)
Mesin: 2× Snecma M88-2 turbofans
Dorongan kering: 50.04 kN (11,250 lbf) masing-masing
Dorongan dengan afterburner: 75.62 kN with M88-Eco >90 kN after 2010 (17,000 lbf) masing-masing
Performa
Kecepatan maksimum:
High altitude: Mach 2 (1,290 knots)[5]
Low altitude: 1,390 km/h, 750 knots
Jarak jangkau: 3,700+ km (2,000+ nmi)
Radius tempur: 1,852+ km (1,000+ nmi) on penetration mission
Batas tertinggi servis: 16,800 m (55,000 ft)
Laju panjat: 304.8+ m/s (1,000+ ft/s)
Beban sayap: 326 kg/m² (83 1/3 lb/ft²)
Dorongan/berat: 1.13
Persenjataan
Senjata api: 1× 30 mm (1.18 in) GIAT 30/719B cannon with 125 rounds
Rudal:
Air-to-air:
MICA IR/EM or
Magic II and in the future
MBDA Meteor
Air-to-ground:
MBDA Apache or
SCALP EG or
AASM or
GBU-12 Paveway II or
AM 39 Exocet or
ASMP-A nuclear missile
Avionik
Thales RBE2 radar
Thales SPECTRA electronic warfare system.
Thales/SAGEM OSF (Optronique Secteur Frontal) infrared search and track system.

Pesawat sebanding
Eurofighter Typhoon
Sukhoi Su-33
F-15E Strike Eagle
F/A-18E/F Super Hornet
Mikoyan MiG-35
HAL Tejas
JAS 39 Gripen
Chengdu J-10
F-16E/F
Mitsubishi F-2

Daftar yang berhubungan
List of fighter aircraft
List of military aircraft of France

Sumber : Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Eurofighter Typhoon

Eurofighter Typhoon adalah sebuah pesawat tempur multi peran delta-canard bermesin ganda super lincah, dirancang dan dibuat oleh sebuah konsorsium negara-negara Eropa yang dibentuk pada 1983. Dalam rancangan dia menyerupai pesawat tempur modern Eropa lainnya, Dassault Rafale Prancis dan Saab Gripen Swedia. Karena kombinasi kelincahan, fasilitas stealth dan sistemnya yang modern dia dipandang luas sebagai pesawat tempur hebat.

Sejarah Pengembangan

Pada 1979 BAE Inggris dan MBB Jerman membuat proposal European Combat Fighter. Pada Oktober 1979 Dassault Perancis bergabung dan studi tiga negara ini dinamakan European Combat Aircraft (ECA) , pada saat ini nama Eurofighter pertama kali digunakan . Pada 1981 Proyek ini berakhir karena beberapa hal, Perancis memaksa untuk menjadi pemimpin pada proyek ini. Inggris menginginkan mesin RB199 yang digunakan sedangkan Perancis lebih menyukai Snecma M88 .

Kemudian tiga perusahaan yang bermitra membuat Tornado dalam Panavia yaitu BAE, MBB, dan AeritaliaAgile Combat Aircraft (ACA), pada April 1982. Program ini menghasilkan pesawat demostrator ACA yaitu Experimental Aircraft Programme (EAP) pada 1983. meluncurkan program

Pada 1983 Inggris, Perancis, Jerman, Itali dan Spanyol meluncurkan program Future European Fighter Aircraft (FEFA). Pesawat ini memiliki kemampuan take Off dan landing dengan jarak pendek (STOL) dan perang diluar jangkauan mata (beyond visual range, (BVR)). Pada 1984 Perancis memasukan kebutuhannya akan versi kapal induk dan menginginkan posisi sebagai pemimpin dalam program ini. Inggris , Jerman Barat dan Itali memilih untuk keluar dari program dan memulai program EFA baru.

Di Turin pada 2 Agustus 1985, Itali, Jerman Barat, dan Inggris setuju untuk melanjutkan Eurofighter. Pengumuman ini mengkonfirmasi bahwa Perancis dan Spanyol memilih untuk tidak menjadi anggota proyek. Dikemudian hari dengan tidak mempedulikan desakan dari Perancis, Spanyol bergabung kembali pada September 1985. Perancis secara resmi mengundurkan diri dari Proyek Eurofighter dan melanjutkan proyeknya sendiri yang dikemudian hari menjadi Dassault Rafale.

Pada tahun 1986 EAP terbang untuk pertama kalinya, pekerjaan mendesain dalam 5 tahun kedepan menggunakan data dari EAP. Pembelian awal adalah: Inggris 250 pesawat, Jerman 250, Itali 165, dan Spanyol 100. Prosentase bagian produksi mengikuti jumlah pembelian - British Aerospace (33%), Daimler-Benz (33%), Aeritalia (21%), dan Construcciones Aeronáuticas SA (CASA) (13%).

Pada 1986 juga didirikan Eurofighter Jagdflugzeug GmbH untuk mengatur proyek ini dan EuroJet Turbo GmbH, aliansi dari Rolls-Royce, MTU Aero Engines, FiatAvio (sekarang Avio), and ITP untuk mengembangkan mesin EJ200.

Dalam pengembangan banyak sekali pertentangan, misalnya pada 1990 terjadi perdebatan besar dalam pemilihan radar, Inggris, Spanyol, dan Itali menginginkan ECR-90 (Ferranti Defence Systems) sedangkan Jerman menginginkan memakai radar MDS2000 (Hughes, GEC-Marconi, AEG). Polemik berakhir setelah Inggris menggaransi bahwa GEC boleh membeli Ferranti Defence Systems, sehingga membuat GEC tidak lagi mendukung pengembangan MDS2000.

Akhirnya Peter Weger kepala tes pilot Messerschmitt-Bölkow-Blohm (MBB) dapat menerbangkan prototipe pesawat ini (kemudian dikenal sebagai Eurofighter EF 2000) pada 27 Maret 1994 di Bavaria  setelah ditahun 90-an kita melihat pertentangan-pertentangan hebat dalam pembangunan pesawat ini. Pertentangan itu meliputi banyak hal, contohnya adalah masalah pembagian pekerjaan, spesifikasi pesawat dan bahkan partisipasi tiap negara dalam proyek ini.

Ketika kontrak produksi final ditandatangani pada 1997, pembelian total adalah sebagai berikut: Inggris 232, Jerman 180, Itali 121, and Spanyol 87. Produksi kemudian juga dialokasikan menurut jumlah pembelian: British Aerospace (37%), DASA (29%), Aeritalia (19.5%), dan CASA (14%).
Ringkasan Produksi
Negara Tahap 1 Tahap 2 Tahap 3 Total
Austria 0 18* 0 18
Jerman 44 68 68 180
Italia 29 46 46 121
Arab Saudi 0 48 24 72
Spanyol 20 33 34 87
Inggris 55 89 88 232
TOTAL 148 302 260 710
*) Kelihatannya Austria akan memerima 6 pesawat Tahap 1 , dan kemudian 12 pesawat Tahap 2.

Operators

Bendera Austria Austria
Bendera Jerman Jerman
Bendera Italia Italia
Bendera Arab Saudi Arab Saudi
Bendera Spanyol Spanyol
Bendera Britania Raya Britania Raya

PAGES